Datains Gelar Sharing Session, Tantangan Public Relations di Era Digital

 

Sharing session : The Future of Public Relation: Super Synergy of Creativity and Data

 

Gamatechno.com (24/10/2018) PT Global Data Inspirasi (Datains) adakan sharing session dengan tema The Future of Public Relation: Super Synergy of Creativity and Data bertempat di Demoroom, Gamatechno. Dihadiri oleh beberapa perwakilan humas miltisektoral bidang akademik, pemerintahan dan dari pelaku industri antara lain Humas UGM, Humas UNY, Humas Sanata Dharma, Humas UII, TWC (Taman Wisata Candi) unit Prambanan, Service Excellent. CE.ins dan Pemda DIY.

Menghadirkan dua narasumber, M.Hafudullah (Co Founder/CMO PT. Rwe Bhida) dan dan Hendro Agung (Public Relations Associate) banyak membahas tentang penggunaan media sosial dalam bidang public relations dan strategi pengelolaan issue.

“Peran media sosial sangatlah penting bagi institusi dan sebagai PR kita harus jeli memilih konten yang akan disajikan ke audiens kemudian untuk mendapatkan konten yang sesuai, seorang PR harus melakukan riset yang nantinya akan menghasilkan sebuah data, karena melalui data kita dapat menentukan strategi konten yang dapat menarik perhatian audiens” tutur Hafudullah.

Seorang PR seharusnya dapat melakukan manajemen issue dengan cukup baik sebab setiap aktivitas organisasi atau perusahaan berpotensi menimbulkan issue. Disinilah seorang PR harus pro aktif mencari dan menggali lebih dalam issue yang berkembang di dunia digital, karena saat ini perkembangan media digital sangat signifikan. Mereka mampu mengubah pola komunikasi, pola interaksi dan bahkan mereka mampu mengubah pola perilaku konsumtif.

Melalui sharing session ini, diharapkan peserta dapat lebih memahami tentang tantangan PR di era digital dan menyadari betapa pentingnya value dari platform media digital, lalu mampu memanfaatkannya melalui optimasi tools yang disediakan untuk meningkatkan kinerja PR.

“Sharing session kali ini sangat bagus, kami yang dari humas pemerintahan mendapat insight baru, saya rasa level sharing session kali ini bukan sekedar basic sebab kita dapat mengetahui bagaimana memenangkan opini yang harus kita kawal di institusi pemerintah maupun swasta. Selain itu, case study yang ditampilkan tadi menjadi sudut pandang baru bagi kami” ujar Arif L Hakim (Humas Pemda DIY).

Datains yang merupakan salah satu anak perusahaan baru Gamatechno yang fokus di pengelolaan big data juga memperkenalkan platform media analytic Semantic. Dengan platform ini harapannya akan membantu pekerjaan PR dalam mengelola issue perusahaan maupun instansi yang mereka wakili sehingga dapat melakukan langkah strategis dan terencana kedepannya.