Semantic Turut Wakili Indonesia dalam Ajang ASEAN ICT Awards (AICTA) 2018

 

ASEAN Awards

 

Gamatechno.com Kementerian Komunikasi dan Informatika selenggarakan Program Indonesia Up (ID.UP) 2018. Gelaran ini merupakan wadah kompetisi untuk mencari produk yang memiliki solusi kreatif dan mandiri di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Kegiatan ini merupakan upaya Kementerian Kominfo untuk mempersiapkan wakil Indonesia yang akan berkompetisi dalam ajang ASEAN ICT Awards (AICTA) 2018 pada Desember 2018 ini. Pelaksanaan seleksi nasional Indonesia Up 2018 berlangsung sejak 24 Mei hingga 16 Juli 2018 dan disosialisasikan ke beberapa kota di Indonesia, diantaranya Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar.

“Dari total 320 peserta yang mendaftar secara online pada 6 kategori yang dilombakan, terdapat 129 peserta yang melengkapi persyaratan hingga batas waktu yang telah ditentukan. Kemudian terpilih 6 karya terbaik dari 18 finalis yang ditetapkan oleh Tim Juri Indonesia Up 2018,” kata Septriana Tangkari (Direktur Pemberdayaan Industri Informatika Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo), 11/08/2018 dikutip dari kominfo.go.id.

 

ASEAN Awards 2

 

Dalam event ini, Semantic (Social Media and Online Media Analytics) terpilih sebagai yang terbaik untuk kategori research and development. Semantic adalah aplikasi yang dikembangkan oleh PT Global Data Inspirasi (Datains) yang merupakan subsidiary company PT Gamatechno Indonesia. Aplikasi ini menjadi solusi dalam mencari, memantau, mengukur, menganalisa lebih banyak berita dan media sosial sehingga mampu memberikan insight dalam bidang branding, social behavioral mapping dan electoral campaign. Fungsi Semantic yang mampu memberikan insight terhadap social behavioral inilah yang menarik perhatian para juri, dimana saat ini topik mengenai radikalisme, intoleransi, politik, dan terorisme sedang hangat.

Selain itu, pemenang dari 5 kategori lainnya adalah e-Voting Pemilihan Kepala Desa (Pemerintah Kab.Banyuasin) untuk kategori public sector, Fisheries E-comerrce Aruna (Aruna Indonesia) untuk kategori private sector, EduBraille (edubraille Surabaya) untuk kategori Corporate Social Responsibility, November-10 Battle of Surabaya (Universitas Amikom Yogyakarta) untuk kategori digital content dan Jual Sampah Kepul (Kepul Medan) untuk kategori startup company.

“Dengan adanya penghargaan ini semoga dapat meningkatkan semangat kami untuk terus berkontribusi dan berkarya untuk Indonesia. Prestasi ini adalah sanjungan yang luar biasa kepada kami. Selanjutnya, kami akan mempersiapkan produk dan tim kami ke ajang ASEAN ICT Award sebagai amanat dari Kementerian Kominfo sebagai penyelenggara” tutur I Gede Putu Rahman Desyanta (Senior Business Manager Datains).