Osaka University Jepang Terapkan Aplikasi Tanggap Darurat dan Keselamatan Cared.jp

 

 

Article Cared

 

Sama halnya dengan Indonesia, Jepang tercatat sebagai negara dengan tingkat bencana khususnya gempa bumi dan tsunami yang cukup tinggi di dunia. Posisi geografisnya yang berada pada pertemuan lempeng tektonik membuat negara ini memiliki kondisi geologis yang tidak stabil. Menurut data ada sekitar seribu guncangan gempa yang terjadi setiap tahunnya.

Dengan keadaan wilayah semacam ini, Jepang dituntut untuk selalu sigap dalam menghadapi potensi bencana, baik dari sarana prasarana, dan upaya respon tanggap darurat setiap kali terjadi gempa bumi.

Berkaca pada permasalahan ini, Osaka University Jepang melalui Prof Stefano Toshiya Tsukamoto kembangkan solusi tanggap bencana berbasis mobile apps Cared.jp. Tsukamoto sendiri memiliki track record yang panjang dalam kegiatan penanganan bencana di berbagai negara termasuk di Indonesia. Development aplikasi ini dikerjakan di Indonesia dan Gamatechno ditunjuk sebagai partner pengembang aplikasi dan back office Cared.jp.

Aplikasi Cared jp

Aplikasi ini mampu mengirimkan data secara cepat ketika keadaan darurat bencana melalu kontak yang telah ditentukan untuk memastikan kondisi keselamatan. Memanfaatkan kanal email, line dan sms sebagai media pengiriman pesan dan data yang dibutuhkan. Setelah itu data akan dikirimkan ke pihak otoritas terkait untuk melakukan tindakan lanjutan baik itu analisis, evakuasi dan perencanan bantuan dengan cepat.

Cared.jp dapat digunakan oleh banyak orang, pelajar maupun pekerja perusahaan selain itu untuk segmen b2b juga dapat digunakan oleh perusahaan, instansi pendidikan maupun badan penanggulanagan bencana untuk memastikan keselamatan terhadap pelajar, pekerja maupun masyarakat luas. Cared.jp memiliki beberapa fitur utama seperti Safety Confirmation, Disaster Report, Safety Guidance, News Update dan Panic Button.

Tsukamoto optimis data yang dihasilkan aplikasi ini akan membantu otoritas terkait dalam mengeluarkan kebijakan dalam hal penanggulangan bencana. “Aplikasi ini dapat dipakai untuk berbagai bencana seperti erupsi, tsunami, gempa bumi, banjir, bahkan flu burung,” ujarnya saat diwawancarai oleh portal berita UGM beberapa waktu lalu.

“Kedepan terdapat tambahan fitur aplikasi yang nantinya terintegrasi langsung dengan asuransi, Semoga aplikasi ini dapat digunkan dan memberi manfaat besar bagi masyarakat Jepang” tutup A Toto Priyono (Corportae Business Solution Manager PT Gamatechno Indonesia).

Untuk informasi lebih lanjut tentang Cared.jp kunjungi https://caredjp-app.org/