UGM Luncurkan Desa Apps dan UGM Mall di Dies Natalis ke-67

2016 12 30 Desa Apps dan UGM MallRektor UGM perkenalkan inovasi UGM Mall dalam Dies Natalis UGM ke-67
 

Gamatechno.com - Bersamaan dengan puncak acara Dies Natalis Universitas Gadjah Mada (UGM) ke-67, UGM meluncurkan “Pusat Inovasi Digital” yang berfungsi untuk memamerkan hasil-hasil riset digital UGM di berbagai bidang, di antaranya bidang pengembangan desa dan pengembangan sosial ekonomi. Dalam “Pusat Inovasi Digital” tersebut UGM akan mengembangkan teknologi aplikasi digital untuk smartphone yang diharapkan dapat membantu melayani masyarakat luas.

Desa Apps dan UGM Mall yang dikembangkan UGM adalah dua inovasi baru yang turut diperkenalkan dalam acara ini. Peluncuran aplikasi ini dilakukan oleh Rektor UGM, Dwikorita Karnawati di Grha Sabha Pramana UGM (19/12).

Aplikasi Desa Apps hadir untuk memberikan kemudahan bagi para petani dalam bercocok tanam dan berdiskusi dengan para pakar pertanian. Dengan adanya Desa Apps, petani dapat berinteraksi langsung dengan para ahli untuk tanya jawab/diskusi, konsultasi, serta berbagi info dengan petani-petani lainnya.

Tak hanya itu, Desa Apps juga dilengkapi fitur harga pangan daerah, yang menampilkan info up-to-date seputar harga pangan sesuai dengan lokasi pengguna. Fitur ini bahkan telah terintegrasi dengan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), yaitu sistem informasi harga pangan yang dikembangkan Gamatechno untuk memantau pergerakan harga dan produksi komoditas di berbagai daerah. Desa Apps juga dilengkapi dengan berbagai video, info dan artikel populer seputar pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan serta kehutanan.

Inovasi lain yang diperkenalkan adalah UGM Mall. UGM Mall merupakan portal e-Commerce yang dikembangkan guna memudahkan masyarakat mengakses produk hasil inovasi dan kreativitas keluarga besar UGM. UGM Mall merupakan kerjasama antara Bank BNI, UGM, dan Gama Multi Usaha Mandiri (GMUM). Gamatechno sebagai salah satu anak perusahaan GMUM yang bergerak di bidang IT ikut berperan dalam pengembangan platform portal dan integrasi pembayarannya.

Berbagai produk ditawarkan di UGM-Mall mulai dari produk hasil inovasi seperti pangan, kesehatan, dan teknologi informasi, serta produk umum seperti merchandise, buku dan fashion. Kedepan masih akan ada produk dan layanan lainnya yang akan ditambahkan ke dalam UGM Mall, seperti pemesanan tiket event hingga donasi. Dengan diperkenalkannya aplikasi Desa Apps dan portal UGM Mall, harapannya adalah kedua inovasi ini dapat memudahkan masyarakat untuk mengenal produk karya keluarga besar UGM. Saat ini, aplikasi Desa Apps sudah dapat diunduh di Play Store secara gratis, sedangkan UGM Mall dapat diakses di www.UGM-Mall.com.