Dari Jogja untuk Indonesia Pintar

2014 05 07 gtSmartCity Stage

PT Gamatechno Indonesia (Gamatechno) adalah perusahaan yang bergerak di bidang penyedia solusi teknologi informasi. Gamatechno resmi berdiri pada tanggal 4 Januari 2005 dan berkantor pusat di Yogyakarta. Guna meningkatkan layanan kepada lebih dari 244 klien di seluruh Indonesia yang tersebar dari Banda Aceh hingga Papua, pada tahun 2013 Gamatechno membuka kantor cabang di Jakarta.

Dalam rangka ulang tahun perusahaan ke-9 yang membawa tema Nineovation, Gamatechno meluncurkan inovasi baru berupa konsep gtSmartCity Solution sebagai umbrella brand seluruh produk-produk Gamatechno. Inti dari gtSmartCity Solution adalah implementasi sistem dan teknologi informasi yang berfokus pada 4 sektor yaitu pendidikan, layanan pemerintah, industri transportasi dan logistik, serta industri lifestyle, yang akan mewujudkan sebuah kota cerdas dan memberikan kenyamanan bagi masyarakatnya dengan ciri less paper, less time, less cash dan less complexity.

2014 05 07 gtSmartCity Video

Untuk segmen Perguruan tinggi, produk unggulan Gamatechno adalah gtCampus Suite yaitu sistem informasi terintegrasi untuk perguruan tinggi yang terdiri atas berbagai software modular yang dirancang sesuai dengan proses bisnis perguruan tinggi mulai dari pengelolaan penerimaan calon mahasiswa, pengelolaan perkuliahan mahasiswa hingga lulus, pengelolaan aset kampus yang meliputi aset sumber daya manusia, keuangan dan aset barang, perpustakaan, penelitian dan beasiswa hingga dashboard system untuk pimpinan kampus. Selain itu sistem untuk perguruan tinggi ini juga tersedia dalam versi mobile untuk kemudahan mahasiswa dalam mengakses informasi dan layanan kampus.

 Untuk segmen Lembaga pemerintah Gamatechno memiliki beberapa produk unggulan, diantaranya adalah gtPerizinan (sistem informasi perijinan satu atap/pintu), gtAspirasi (sistem informasi aspirasi masyarakat), serta aplikasi gtGroupware (sistem kolaborasi dan arsip perkantoran). Selain produk-produk tersebut, Gamatechno juga melayani pengembangan portal website lembaga dengan konsep citizen centric, serta pengembangan berbagai aplikasi berbasis web dan mobile apps lainnya sesuai dengan kebutuhan lembaga.

gtsmartcity guest kiosk

Untuk segmen Transportasi dan Logistik, Gamatechno mengembangkan beberapa produk unggulan bagi perusahaan/organisasi yang bergerak dibidang layanan transportasi dan logistik, yaitu gtFleet (aplikasi manajemen armada transportasi), gtSmartTicket System (Sistem tiket elektronik berbasis smartcard), serta aplikasi mTransport (aplikasi mobile untuk informasi dan layanan transportasi publik).

Pada segmen Lifestyle, Gamatechno mengembangkan produk-produk aplikasi back-end dan front-end untuk beberapa sub industri diantaranya taman hiburan dan wisata, pusat belanja dan entertainment, micro finance, dan industri kesehatan. Beberapa portofolio produk untuk segmen lifestyle ini antara lain Eoviz.com (Small & medium enterprises resource planning system), mEvent (aplikasi mobile informasi event), serta mCatalog (aplikasi mobile informasi katalog produk).

2014 05 07 gtSmartCity Aino Tap

Dalam kesempatan Launching gtSmartCity Solution pada hari Rabu, 7 Mei 2014 kemarin di Gedung Samator UGM juga disampaikan bahwa saat ini pengembangan produk dan layanan sistem berbasis teknologi smartcard, RFId dan NFC yang sebelumnya dilakukan Gamatechno dialihkan untuk dikelola anak perusahaan Gamatechno yaitu yaitu PT Aino Indonesia. Produk-produk yang dikembangkan Aino ini nantinya yang akan menjadi salah satu platform integrasi antar segmen hingga dapat mewujudkan konsep smartcity yang sesungguhnya.

Berbagai kemudahan integrasi sistem dalam konsep gtSmartCity Solution didemokan secara langsung oleh Direktur Utama Gamatechno, Muhammad Aditya pada saat acara launching, yaitu kombinasi penggunaan aplikasi mobile City dengan perangkat smartcity access berupa wristband untuk melakukan pencarian informasi dan proses transaksi di bandara, layanan transportasi publik, aktivitas belanja dan sarana hiburan.

Melalui Launching gtSmartCity Solution tersebut, Gamatechno juga berharap dapat meningkatkan kerjasama dengan para mitra untuk bersama-sama mewujudkan kota cerdas di Indonesia terutama pada sektor pendidikan, layanan pemerintahan, transportasi serta industri gaya hidup guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Inilah yang menjadi spirit utama Gamatechno, dari Jogja untuk Indonesia Pintar. 

2014 05 07 gtSmartCity Violin