IT Roadshow In Europe

20140314 IT Roadshow Europe

Diawali dengan partisipasi dalam pameran ICT terbesar di dunia yaitu CeBIT, 15 pelaku IT Indonesia termasuk Gamatechno juga mengikuti "IT Roadshow in Europe" ke Belgia, Belanda, dan Irlandia. Roadshow ini difasilitasi oleh Kementerian Perindustrian RI bersama KBRI Brussel, KBRI Den Haag, KBRI London, dan KJRI Hamburg. Tujuan roadshow ini adalah untuk mempromosikan produk dan layanan teknologi komunikasi dan informasi Indonesia di Eropa.


Di Belgia, mereka berkunjung ke Centre of Excellence in Information and Communication Technologies (CETIC) dan bertemu dengan pelaku usaha IT Belgia dalam forum business gathering yang diadakan KBRI Brussel bekerjasama dengan Kamar Dagang Belgia Indonesia (BICC). Wakil Menteri Perdagangan RI Bayu Krisnamurthi juga hadir dalam acara business gathering tersebut.

CETIC merupakan pusat riset terapan Belgia yang didedikasikan untuk mendukung perusahaan di sektor teknologi informasi dan komunikasi. Dari pertemuan di CETIC tersebut, baik pihak Indonesia maupun Belgia melihat adanya beberapa peluang kerjasama, dimana Indonesia sebagai sumber tenaga outsourcing Eropa maupun sebagai mitra dalam mengembangkan akses pasar ke Asia.

Dalam roadshow di Belanda, pelaku IT Indonesia berpartisipasi dalam Indonesian Day di High Tech Campus, Eindhoven. Kemudian dalam kunjungan ke Dublin - Irlandia, pelaku IT Indonesia juga bertemu dengan pelaku IT di negara tersebut. Pertemuan ini diharapkan akan membuka peluang kerjasama dengan pelaku IT terkemuka seperti Google, Microsoft dan Yahoo!.

Tak dapat dipungkiri, kini IT merupakan sektor penting dalam perekonomian Indonesia dan menjadi salah satu elemen dalam upaya peningkatan hubungan RI dengan Uni Eropa. Seperti yang dikutip www.antaranews.com, Dubes Arif Havas Oegroseno menekankan kemampuan SDM Indonesia dalam hal produk dan layanan IT tidak kalah dibandingkan dengan negara lain seperti India yang sudah terlebih dahulu dikenal dalam hal produk dan layanannya.

Untuk itu, sudah waktunya Eropa melihat ke Indonesia tidak hanya sebagai pasar namun sebagai penyedia produk dan layanan IT yang patut diperhitungkan. Diharapkan melalui penyelenggaraan roadshow ini akan membuka peluang-peluang kerjasama, baik Indonesia sebagai pasar maupun mitra dalam pengembangan berbagai produk dan layanan untuk pasar regional maupun global.

Tautan: http://www.antaranews.com/berita/424796/industri-ti-indonesia-berperan-tumbuhkan-ekonomi

2014 03 16 IT Roadshow EU