Peringati Hari Jadi UGM Ke-71, Kagama Luncurkan Marketplace

by | Dec 22, 2020 | News

Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama UGM) telah resmi meluncurkan Kagama.id Sabtu, (19/12). Sebuah platform digital yang mewadahi anggota Kagama yang memiliki bisnis barang atau jasa untuk memasarkan produknya. Kagama.id juga dikembangkan sekaligus sebagai media komunikasi dan kolaborasi anggota Kagama yang saat ini berjumlah lebih dari 450 ribu dan tersebar di penjuru dunia.

Ganjar Pranowo sebagai ketua PP Kagama secara langsung membuka dan memperagakan penggunaan Kagama Marketplace. “Kagamart.ID ini memang dibuat untuk wadah kumpul-kumpul sekaligus bersinergi seluruh alumni agar semakin migunani tumraping liyan (berguna bagi orang lain)” ujarnya.

Peluncuran Kagama Marketplace juga diapresiasi oleh Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, “Saya berharap Kagama Marketplace dapat berpartisipasi aktif dalam mendorong perekonomian nasional berbasis kewirausahaan, memberi manfaat lebih luas kepada alumni UGM dan masyarakat luas”. 

Rektor Universitas Gadjah Panut Mulyono Mada menyambut baik kehadiran Kagama Marketplace, “Saya sepenuhnya mendukung penuh peluncuran aplikasi ini sebagai wujud partisipasi aktif anggota Kagama dalam mendorong perekonomian nasional berbasis kewirausahaan”. 

Peringati Hari Jadi UGM Ke-71, Kagama Luncurkan Marketplace 1

Fitur dan keunggulan Kagama Marketplace.

Hal senada diungkapkan oleh Swasti Atika Ketua Komunitas Kagama Marketplace “Komunitas Kagama Marketplace ini diharapkan bisa mengeratkan tali silaturahmi Kagama yang tersebar di seluruh dunia melalui platform bisnis dan forum diskusi” ungkapnya.

Menurut Swasti Atika Kagamart.id diluncurkan dengan harapan dapat menjadi platform yang memfasilitasi sinergitas alumni UGM untuk membangun Indonesia melalui kolaborasi yang memberikan dampak positif bagi alumni sendiri dan masyarakat secara luas.  

“Konsep umum dari aplikasi ini adalah marketplace dengan basis alumni UGM. Banyak dari alumni UGM yang bergerak di bidang UMKM, aplikasi ini dibuat untuk mewadahi alumni UGM yang memiliki usaha baik barang maupun jasa yang 100% buatan lokal,” katanya.

Selain berbisnis, pengguna Kagama Marketplace, yang mempunyai tagline bahasa Jawa yang local wise, “Ngrejekeni, Mberkahi” ini menjadi sarana untuk menjalin silaturahmi dan berjejaring dengan alumni UGM lainnya. 

Tidak hanya itu, keuntungan bersih yang didapatkan dari proses transaksi melalui Kagama Marketplace akan disalurkan untuk beasiswa, dan kegiatan charity lainnya. “Donasi yang didapat berasal dari dua sumber. Berasal dari keuntungan bersih Kagama Marketplace, serta donasi langsung,” tambah Swasti Atika.

Melalui Kagama Marketplace ini bisnis anggota Kagama nantinya tidak hanya sekadar diakses oleh sesama anggota Kagama saja melainkan oleh siapapun secara online. Platform ini merupakan wujud partisipasi aktif Kagama untuk mendorong perekonomian nasional berbasis kewirausahaan.

Dalam proses pengembangan platform sendiri, Gamatechno sebagai perusahaan penyedia solusi teknologi informasi dan unit usaha milik UGM mendukung penuh dari proses pengembangan secara teknis hingga development platform.

test
WeCreativez WhatsApp Support
Kontak kami melalui WhatsApp
Hi, ada yang bisa kami bantu